Senin, 11 April 2011

LEDAKAN REAKTOR NUKLIR

Badan keselamatan nuklir Jepang menilai ledakan di pembangkit nuklir di Fukushima ada pada tingkat 4 pada skala internasional 0-7. Insiden pada tingkat empat berarti kecelakaan di reaktor nuklir ini hanya 'dengan konsekuensi lokal'.
Begitu disampaikan pejabat badan keselamatan nuklir Jepang, seperti dikutip detikcom dari AFP, Minggu (13/3/2011).
Pada tahun 1979 kecelakaan Three Mile di Amerika Serikat dinilai ada pada tingkat lima sedangkan bencana Chernobyl pada tahun 1986 pada tingkat terberat, level tujuh.
Hingga saat ini pejabat berwenang belum menaikkan tingkat bahaya dari ledakan reaktor nuklir tersebut. Namun tingkat bahaya dapat diubah sesuai perkembangan di lapangan.
Sebelumnya diberitakan bahwa akibat kebocoran 'kecil' tersebut, zat caesium radioaktif mulai terdeteksi di lingkungan sekitar reaktor Fukushima. Semua warga dievakuasi ke tempat yang aman. Hal ini karena peningkatan tingkat radiasi menjadi 1.000 kali skala normal.
Pemerintah Jepang telah mengumumkan melebarnya daerah radiasi dari 10 km menjadi 20 km. 4 Karyawan PLTN Fukushima diketahui terluka akibat ledakan yang terjadi sekitar pukul 16.00 waktu setempat ini.
11 Ribu warga Fukushima, Jepang, dievakuasi seiring dengan ledakan dari reaktor nuklir Fukushima yang mengalami kebocoran kecil akibat gempa dan tsunami di negara itu. Radius daerah yang terkena radiasi juga melebar hingga 20 km.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar